Instalasi Rawat Jalan merupakan suatu institusi pelayanan kesehatan yang melakukan upaya

kesehatan dengan pendekatan pemeliharaan, peningkatan kesehatan (promotif), pencegahan

penyakit (preventif), penyembuhan penyakit (kuratif), dan pemulihan kesehatan (rehabilitatif)

Pelayanan Klinik Klinik Rawat Jalan RSUD Kabupaten Sumedang memberikan pelayanan, mencakup berbagai jenis pelayanan spesialistik  berlokasi di Jl Palasari No 80. Pelayanan pada pagi hari setiap hari kerja,Hari Senin s.d Jumat menyelenggarakan pelayanan untuk pasien dengan BPJS PBI dan Non PBI, Jamkesda, kerjasama maupun untuk pasien umum. Pendaftaran pasien poliklinik juga dilakukan dengan antrian digital di loket pendaftaran.

Jadwal

Pelayanan diberikan setiap hari kerja, sesuai jam kerja yang berlaku, yaitu sebagai berikut :

                          Senin-Kamis          Jum’at                Sabtu

Pendaftaran    07.00-14.00         07.00-14.00            Libur

Pemeriksaan   08.00-15.00         08.00-15.30

Istirahat            12.00-13.00         11.30-13.00

  • Pelayanan Pendaftaran POLI VIP : SENIN S/D JUMAT : Jam 10.00 s/d 12..00 WIB
  • Pelayanan Pendaftaran POLI VIP : SABTU : Jam 07.30  s/d 12..00 WIB

Jenis layanan

Adapun klinik yang tersedia adalah :

  1. Klinik Dalam
  2. Klinik Geriatri
  3. Klinik Jiwa
  4. Klinik Bedah Umum
  5. Klinik Bedah Syaraf
  6. Klinik THT
  7. Klinik Syaraf
  8. Klinik Kandungan
  9. Klinik PKBRS
  10. Klinik  Laktasi
  11. Klinik Ortopedi
  12. Klinik Gigi & Mulut
  13. Klinik Kulit dan Kelamin
  14. Klinik Mata
  15. Klinik Anak
  16. Klinik Rehabilitasi medis/Fisioterapi
  17. Klinik Vip
  18. Klinik Gizi
  19. Klinik Teratai/HIV
  20. Klinik DOT
  21. Klinik EEG
  22. Klinik USG
  23. Klinik EKG
  24. Unit MCU
  25. Unit Pelayanan Jantung Terpadu

One day care

  1. Unit Thalasemia
  2. Instalasi Hemodialisa

SYARAT LAYANAN

Pada prinsipnya RSUD Kabupaten Sumedang dapat menerima semua golongan masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan. Sebagai institusi Pemerintah tentunya RSUD Kabupaten Sumedang harus memenuhi ketentuan dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, untuk itu telah diatur persyaratan bagi masyarakat yang memerlukan pelayanan di RSUD RSUD Kabupaten Sumedang sebagai berikut:

UNTUK PASIEN BPJS

1. Kartu berobat bagi pasen lama.

2. Bagi Pasien Baru  KTP

3. Kartu BPJS / KIS (AKTIF)

4. Rujukan dari PPK 1/  dokter Keluarga / Puskesmas

UNTUK PASIEN UMUM

1.Kartu berobat bagi pasen lama

2.KTP bagi pasen baru

  UNTUK PASIEN JPKMM

1. Kartu berobat bagi pasen lama.

2. Bagi Pasien Baru  KK,  KTP

3. Rujukan dari PPK 1

4. Keabsahan dari Dinas Sosial

PROSEDUR LAYANAN

  1. Pasien tiba di pintu rawat jalan langsung dilakukan skrining dengan menggunakan kriteria triase, evaluasi visual atau pengamatan
  2. Pasien dilakukan pemeriksaan sesuai dengan kondisi kegawatdaruratan :
  3. Merah : kasus gawat darurat di lakukan resusitasi / BHD sebelum pemanggilan tim TRC.
  4. Kuning : kasus gawat tidak darurat/ darurat tidak gawat di transfer ke IGD
  5. Hijau : kasus tidak gawat tidak darurat: ditangani di poli klinik.
  6. Pendaftaran
  7. Pendaftaran Pasien Baru Rawat Jalan

Pendaftaran Pasien Baru Rawat Jalan adalah suatu rangkaian pendaftaran pasien baru yang pertama kali akan berobat ke rumah sakit, tepatnya ke poliklinik rawat jalan dengan menggunakan jaminan pelayanan kesehatan disertai kelengkapan persayaratan administrasi atau tanpa menggunakan jaminan pelayanan kesehatan (umum) yang akan dikenakan biaya pendaftaran sesuai dengan tarif yang telah ditentukan.

  1. Tata laksana pendaftaran pasien baru rawat jalan :
  2. Pasien mengambil nomor antrian  pendaftaran.
  3. Pasien menuju ke tempat pendaftaran rawat jalan untuk menunggu nomor antriannya dipanggil.
  4. Petugas pendaftaran Loket A/B/C/D/E/F memanggil nomor antrian pasien.
  5. Petugas Pendaftaran Loket A/B/C/D/E/F, meminta kelengkapan :
  6. Nomor antrian pendaftaran
  7. Data identitas pasien, KTP atau Kartu identitas lainnya.
  8. Kartu BPJS Asli/ JPKMM
  9. Untuk pasien BPJS : Rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tk.1 (Puskesmas/Klinik/Dokter Keluarga dll) sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh BPJS.
  10. Untuk pasien JPKMM : Surat Keabsahan Peserta yang sudah dilegalisasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Sumedang.
  • Pendaftaran Pasien Triage dan Beresiko

Dalam upaya mewujudkan pelayanan pasien safety, maka sesuai dengan ketentuan akreditasi rumah sakit, pelayanan pasien yang gawat tidak darurat serta yang beresiko terhadap keselamatan pasien diperlukan adanya pendaftaran yang harus disegerakan, yaitu dengan istilah yang digunakan pendaftaran pasien triage dan beresiko. Adapun tata laksana pendaftaran tersebut adalah sebgai berikut :

  1. Keluarga / yang mengantar pasien didampingi oleh petugas triage menuju ke tempat pendaftaran Loket E / F.
  2. Petugas pendaftaran loket E/F menerima persyaratan pendaftaran yang sudah diberi tanda kuning oleh petugas triage bila menggunakan jaminan pelayanan kesehatan, yaitu pada surat rujukan/ surat kontrol.

Catatan : Nomor antrian pasien menjadi tidak berlaku bila pasien sudah mengambil nomor antrian.

  • Petugas pendaftaran loket E/F menerima informasi dari petugas triage bahwa pasien harus disegerakan mendapatkan pelayanan bila menggunakan pembayaran tunai/ umum.

Catatan : Nomor antrian pasien menjadi tidak berlaku bila pasien sudah mengambil nomor antrian.

  1. Pendaftaran rawat jalan menggunakan system nomor antrian, tetapi untuk pasien yang mendaftar dengan kasus beresiko dan pelayanan Haemodialisa serta Thalasemia pasien tidak perlu menggunakan nomor antrian. Hal ini dalam upaya untuk melancarkan pelayanan kesehatan yang harus segera diberikan.
  2. Untuk kasus beresiko, Haemodialisa dan Thalasemia didaftarkan pada loket khusus pendaftaran.  

PENDAFTARAN ONLINE :

Adalah suatu proses pendaftaran pasien yang akan kontrol berobat ke poliklinik rawat jalan dengan menggunakan sistem aplikasi pendaftaran On-Lineyang sudah terintegrasi dengan FKTP/ Faskes Tk.I sesuai dengan waktu kunjungan atau tanggal berobat yang sudah ditentukan sebelumnya dengan menggunakan fasilitas Sistem APM disertai kelengkapan persyaratan yang telah ditetapkan.

Saat ini Pendaftaran On-Line baru dilakukan terhadap pasien lama (sudah mempunyai Nomor Medrek  )

Cara :

Pasien/ keluarga pasien atau yang mengantar menuju mesin APM On-Line.

Pasien/ keluarga pasien atau yang mengantar melakukan registrasi pendaftaran On-line pada mesin APM On-line, dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  1. Memasukan nomor rujukan Pcare BPJS yang tertera pada surat rujukan dari FKTP atau Faskes Tk.1, kemudian tekan enter.
  2. Memastikan nomor rekam medis, nama dan tujuan poliklinik yang muncul pada layar.
  3. Menyimpan surat rujukan Pcare On-line  pada tempat yang disediakan.
  4. Pasien menunggu di poliklinik yang dituju.

PENDAFTARAN OFF LINE :

  1. Pasien mengambil nomor urut antrian yang telah disediakan.
  2. Pasien menunggu sampai nomor antrian dipanggil
  3. Nomor urut di panggil, pasien menuju ke loket sesuai panggilan
  4. Petugas Pendaftaran meminta kelengkapan :
    1. Nomor antrian dan data identitas pasien, KTP atau Kartu identitas lainnya.
    1. bagi peserta BPJS Kartu BPJS Asli, Rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tk.1 (Puskesmas/Klinik/Dokter   Keluarga dll) sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh BPJS
    1. Bagi peserta JPKMM : Kartu peserta JPKMM / SKTM yang sudah dilegalisasi oleh Dinas Sosial Kabupaten  Sumedang, Surat Keabsahan Peserta yang sudah dilegalisasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Sumedang
  5. Pasien menunggu di depan poli yang di tuju
  6. Petugas pendaftaran memasukkan data pasien dan mencetak :
    1. Kartu berobat pasien ;
    1. Formulir RM.2.1 (Assesment Pasien Rawat Jalan) ;
    1. Labeling pasien ;
    1. Formulir administrasi keuangan
    1. untuk pasien umum membayar pendaftaran ke loket keuangan
  7. Petugas Pendaftaran menyimpan berkas rekam medis pasien yang telah dilengkapi dengan nama poli yang dituju  ditempat yang telah disediakan untuk diambil oleh petugas  Kurir rawat jalan
  8. Mendapat pelayanan pemeriksaan / konsultasi kesehatan.
  9. Mendapat tindakan lain bila diperlukan (pelayanan penunjang).
  10. Membayar biaya pelayanan yang lain di loket pembayaran.
  11. Menyerahkan resep di apotek, membayar obat di kasir apotek, Mengambil obat.
  12. Pasien Pulang