MUSRENBANG Tahun 2020

rsud 2020

Musrenbang adalah agenda tahunan  di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran, forum multi-pihak terbuka yang secara bersama mengindentifikasi dan menentukan prioritas kebijakan pembangunan masyarakat. Kegiatan ini berfungsi sebagai proses negosiasi, rekonsiliasi, dan sekaligus mencapai konsensus bersama mengenai prioritas kegiatan pembangunan berikut anggarannya.

Untuk mensosialisasikan kegiatan Tahun 2020 dan Rencana kerja serta Anggaran Tahun 2021 Rumah Sakit Umum Daerah Sumedang melaksanakan forum musrenbang dengan mengundang unsur – unsur dari Bappppeda, Komisi III DPRD, Inspektorat, Kepala Dinas, Direktur BPJS, Camat, Lurah, LSM dan perwakilan unsur Profesi Kesehatan.

rsud 2020

Musrenbang dimaksudkan sebagai forum musyawarah perencanaan pembangunan yang mengakomodasi peran komponen masyarakat, sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat. Dengan musrenbang ini diharapakan menghasilkan komitmen, kesepakatan dan kemitraan untuk mewujudkan kualitas perencanaan pembangunan dengan lebih meningkatkan aspirasi masyarakat, memberdayakan masyarakat dan memberdayakan sumber daya lokal.

Oleh : Deni-PKRS

Leave a Reply